Senin, 20 Desember 2010

Besi Putih ( Morotai - Ternate )

Besi Putih, mendengar namanya juga pasti orang teringat pulau Ternate, salah satu kepulaun di wilayah Maluku, soalnya besi putih banyak didatangkan dari daerah ini.

Dulu saya menyangka pulau Ternate adalah daerah tambang untuk Besi Putih, karena setiap pedagang Besi Putih yang saya tanya mereka selalu menjawab ini dari Ternate, selidik punya selidik, ternyata asal  Besi Putih bukan hasil Tambang pulau ini, melainkan para pengrajin Besi Putih ini memakai bahan dari sisa-sisa Perang Dunia ke II, Seperti : bangkai dinding pesawat terbang, sisa jangkar kapal perang, plat body tank baja pokoknya dari rongsokan deh...astaga kok bisa..???!!

Tepatnya, Besi Putih ini mereka datangkan dari daerah Morotai (daerah yang paling dekat dengan samudera Pasific ), daerah disebelah utara dari kepulaun Maluku yang ditempuh sekitar 30 menit dari Ternate, pulau ini dahulu kala adalah tempat terjadinya perang antara pihak Sekutu dengan tentara Jepang,

Sejarah perang Sekutu VS Jepang di pulau Morotai

 KLIK >>   World War II - Battle of Morotai


Warna Dasar Besi Putih

Nah, kembali ke Besi Putih..sebenarnya sayang sekali Besi Putih ini di perjual belikan, karena mengambil dari rongsokan perang dunia ke II itu, sebenarnya jelas pulau Morotai bisa dibilang situs peninggalan sejarah tersebut, anehnya pemerintah daerah setempat mengijinkan penduduk untuk mengambil sisa rongsokan perang tersebut,  apa boleh buat karena kebanyakan mata pencarian penduduk setempat kebanyakan nelayan kecil akhirnya mereka mengambilnya dan dijadikan pernak-pernik untuk perhiasan.

Minim cahaya, variasi serbuk diamond tetap berkilau

Kita tinggalkan masalah diatas, untuk kalian yang ingin meng-koleksi jenis perhiasan ini saya coba memaparkannya untuk anda,  Anda pasti pernah melihat di Online Shop, Mall dan di pedagang kaki lima ,pedagang menjajagakan khusus pernak-penik perhiasan Besi Putih, tapi apakah itu benar dan asli Besi Putih ?? , Besi Putih asli mempunyai kadar emas 0.8 %, ciri dari besi putih walaupun bentuknya tipis namun tidak mudah untuk di bengkok-kan / dipatahkan bahan ini sangat keras, seperti besi baja murni.

Ragam dan ModeL aksesoris Besi Putih

Ciri lain dari Besi Putih adalah anti karat, tidak membuat alergi di kulit, baik untuk pengguna yang memiliki alergi terhadap bahan yang terbuat dari besi, apabila terkena air kilauan dari besi putih semakin bercahaya baik terkena air tawar maupun air laut, dan mudah untuk membersihkannya.



Ragam dan ModeL aksesoris Besi Putih

 Buat kalian yang ingin mengkoleksi barang perhiasan ini saya coba cantumkan beberapa Produk terbaru dari hasil pengrajin di Ternate


B.01
Bahan  : Besi Putih
Warna  : Biru + Powder Diamond  ( sepuhan warna biru tahan sampai puluhan tahun )
Harga   : 


S.01

S.01

Bahan  : Besi Putih
Warna  : Silver + Powder Diamond
Harga   :

BL.01
Bahan  : Besi Putih
Warna  : Black + Powder Diamond  ( sepuhan warna hitam tahan sampai puluhan tahun )
Harga   :
SG.01
Bahan  : Besi Putih
Warna  : Silver combination Gold + Powder Diamond  ( sepuhan warna Emas tahan sampai puluhan tahun )
Harga   :

BL.S.01
Bahan  : Besi Putih
Warna  : Black combination Silver + Powder Diamond  ( sepuhan warna hitam tahan sampai puluhan tahun )
Harga   :

GV.01

Bahan  : Besi Putih
Warna  : Gold combination Silver + Powder Diamond  ( sepuhan warna Emas tahan sampai puluhan tahun )
Harga   :

SCL.01

Bahan  : Besi Putih
Warna  : Silver Combination Line + Powder Diamond 
Harga   :
Perbandingan dengan uang logam Rp.100


Stock Terbatas
Lokasi Barang  : Sulawesi Utara - Manado

1 komentar: