Jumat, 11 Maret 2011

Spearfishing, Selat Lembeh Manado

Lokasi         : Selat Lembeh ( pesisir pulau Lembeh, depan Bimoli )

Cuaca          : Cerah, pagi hari jam 08:00

Selat Lembeh

Setelah semalaman memancing dan tidak mendapatkan hasil, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan spearfishing, di selat Lembeh, tepatnya di pesisir pulau tersebut, spearfishing atau penduduk setempat menamakannya " Jubi " adalah olah raga pengembangan dari , Memancing, Snorkeling dan Diving, digabungkan menjadi satu, karena olah raga ini menggabungkan ketiga kegiatan tersebut, maka disini jelas orang yang melakukan aktivitas tersebut, harus memiliki keahlian lebih, baik itu dalam Menembak, Menyelam dan Kesabaran, dalam mengesekusi target.

Spearfishing lebih bagus di lakukan, pada jarang pandang sejelas mungkin saat di dalam air

Di Indonesia sendiri olah raga yang satu ini belum populer seperti di negara barat, dan rata-rata masih bersifat tradisional, dan bisanya banyak di jumpai di daerah kawasan timur Indonesia, lewat Blog ini saya mencoba untuk sedikit memperkenalkan olah raga ini, walaupun saya sendiri masih Neubi :) . memang untuk ukuran kantong masyrakat menengah di Indonesia, untuk membeli SpearGun, harga masih mahal untuk yang standart harga bisa Rp.1.500.000 dan untuk yang sedikit bagus harga SpearGun bisa mencapai Rp. 3.500.000 lebih, namun jangan patah arang dulu, kalau memang bisa buat sendiri gak ada salahnya di coba, yang jelas ongkos pembuatannya lebih murah,


 Alangkah Baiknya Kenali terlebih dahulu daerah sekitar untuk melakukan Spearfishing

Untuk Spearfishing, idealnya mampu menyelam kira-kira 4-5 menit di dalam air, namun kalau kalian masih belajar anda bisa melakukan hanya diatas air saja, untuk tingkat keberhasilan dalam Spearfishing ada baiknya anda membeli FIN ( kaki katak ) dan masker yang baik guna mendukung kegiatan ini.
Fin, yang digunakan untuk spearfishing bisanya lebih Panjang dari bentuk Fin diatas.
Apabila anda berminat dan ingin mencoba anda bisa meng-Googling dengan kata kunci SPEARGUN atau Spearfishing untuk mendalami tekhnik dalam olah raga ini, disini saya hanya mengupload beberapa foto saya saat berada di Selat Lembeh, walaupun pada saat itu hasil yang didapat tidak memuaskan, namun eksis harus jalan terus..hahahhahaha.....



Sebaiknya hati-hati dalam melakukan spearfishing dalam perairan dalam, karena kita tidak tahu, apa yang akan terjadi, tidak ada salahnya membawa pisau yang di ikatkan pada pangkaL kaki atau pinggang.



Untuk spearfishing di daerah berkarang, sebaiknya lebih teliti untuk memeriksa karang, karena biasanya target bersembunyi diantara batu karang.




Posisi, penyamaran, kesabaran dan kapan mengesekusi target adalah kunci terbaik dalam spearfishing, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar